Friday, January 18, 2013

8 SISTEM SENJATA LASER, AKANKAH MEMBUKA ERA STAR WARS?

Hampir 30 tahun setelah Ronald Reagan mengumumkan proyek "Star Wars," maka militer AS menindaklanjuti untuk mengejar mimpinya dengan membangun senjata sinar utama / ultimate ray gun. Sebagian dari mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan. Selama beberapa tahun terakhir, senjata laser telah berhasil menembak jatuh drone, mortir dan rudal balistik dari langit, memicu kerudung truk dan perahu tak berawak dalam lalapan kobaran api.
Note:
LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation).
Laser merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. 
Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum.

Salah satu keunggulan unik dari senjata Laser, adalah tinggi rendah powernya bisa diatur sesuai kehendak dalam memusnahkan sasaran. Tetapi berapa power yang dibutuhkan untuk membunuh personel musuh? Sebagai gambaran, terdapat pedoman ringkas, yaitu:
0.005 watts = untuk laser pointer.
5.0 watts = untuk membakar sekeping kayu kecil
60 watts = untuk pertunjukkan laser. (Laser yang lebih bertenaga berbahaya untuk digunakan, meskipun terdapat 50 ribu peruntukan).
15,000 watts = cukup untuk membakar kapal kecil.
100,000 watts = power yang siknifikan secara militer, untuk jangkauan dan sasaran taktis.
1,000,000 watts = untuk menghajar sasaran strategis, misal misil-misil balistik.