Monday, November 26, 2012

APA SIH KAPAL SELAM ITU?

Yang pertama harus diperhatikan adalah perbedaan mendasar, antara Submarine dan Submersible, karena keduanya merupakan kendaraan selam.

Submarine / kapal selam adalah kapal yang mampu beroperasi secara mandiri di bawah permukaan laut dan pada umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer, baik untuk perang maupun patroli pengamanan laut. Submarine sering digambarkan sebagai kapal besar dengan banyak awak yang bekerja di dalamnya, padahal bisa saja berbentuk kapal selam robot kecil dengan kendali jarak jauh.  

Submersible adalah kapal untuk penyelaman di kedalaman air, di luar batas kemampuan menyelam manusia. Jadi, kemampuan submersible lebih terbatas dan umumnya untuk keperluan riset ilmu pengetahuan tentang laut dan air tawar.


Karena kapal selam merupakan kendaraan militer yang beroperasi di bawah air, maka di dalamnya sendiri, pada umumnya sudah diperlengkapi dengan persenjataan, berupa;  meriam / cannon, torpedo, rudal penjelajah anti pesawat dan rudal penjelajah anti kapal permukaan, serta rudal balistik antar benua.


BENTUK DAN BAGIAN-BAGIAN KAPAL SELAM.


Bentuk Kapal Selam Modern.
Kapal selam raksasa, umumnya tersusun atas bentuk-bentuk; tabung / silinder dan berakhir / ditutup dengan bentuk setengah bola / hemispherical (dan / atau kerucut / conical) dan di bagian tengah, biasanya, terdapat struktur vertikal,  tempat menampung perangkat; komunikasi, penginderaan serta periskop. Pada kapal selam modern, struktur ini disebut dengan istilah "sail" (Amerika) dan "fin" (Eropa). Feature ini seperti pada desain-desain terdahulu, sebenarnya adalah sebuah "menara komando" / conning tower, yang merupakan lambung bertekanan yang terletak di atas body utama kapal selam yang memungkinkan penggunaan periskop pendek. 

Pada bagian belakang terdapat baling-baling / propeller (atau jet pump), sirip-sirip untuk mengatur variasi gerakan di dalam air / hydrodynamic serta tangki ballast. Tangki ballast sendiri, merupakan tempat penampungan air yang dapat dipompa masuk atau keluar, sehingga memungkinkan kapal selam dapat menyelam atau mengapung sedikit diatas permukaan air. Letak ballast kapal selam bervariasi, ada yang disisi kiri dan kanan, ada yang di depan dan belakang dan ada seolah yang menyelimuti badan kapal selam.

Khusus pada kapal selam yang lebih kecil, yang mampu menyelam sangat dalam, tata letaknya bisa sama sekali berbeda dibandingkan tata letak tradisional seperti di atas.


Kapal selam memiliki rentang kemampuan operasi yang panjang, dari yang berukuran mini dengan  1 atau 2 awak yang mampu beroperasi / menyelam dalam hitungan jam, sampai yang berukuran raksasa seperti kelas Topan Rusia yang mampu menyelam selama 6 bulan terus-menerus di dalam air.

Bagian-bagian Kapal Selam.

Note: 
  • Pada Kapal Selam Diesel ~  Electric, ruang nuclear reaktor dan engine compartment, diganti dengan mesin diesel dan generator listrik.




- Suicide(slayer)