Wednesday, November 28, 2012

MENGAPA RUDAL MENJADI SENJATA ANDALAN DALAM PERANG?

Rudal / Peluru Kendali / missile di dalam dunia militer dikenal sebagai sistem persenjataan peluncur bermesin, yang memiliki sistem pemandu dan pengendali otomatis dalam menentukan arah menuju target / sasaran yang diincar.


Jadi di dalam rudal terdapat empat sistem utama, yaitu

1. Sistem bangunan fisik / structure System.
2. Sistem pendorong / propulsion system.
3. Sistem kontrol / controle system.
4. Sistem muatan / payload system. 
Note:
Karena untuk senjata, maka di dalamnya dimuati bom dan berfungsi sebagai hulu ledak / warhead.



Keterangan:

Structure system yang membentuk fisik rudal, terbuat dari bahan yang ringan dan kuat seperti; baja ringan / aluminium / karbon / titanium atau kombinasi dari bahan-bahan di atas. Bahan fisik rudal harus tahan panas sekaligus dingin yang berlebihan. Pada bagian bawah structure system ini, terdapat sirip yang merupakan flight system yang pengaturan gerakannya berdasarkan data dari guidance system, sehingga memungkinkan rocket untuk melakukan manuver dalam rangka menjaga keakurasian meluncur atau mengejar dengan menguntit arah pergerakan target.

Propultion system adalah mesin / engine yang digunakan sebagai sumber tenaga pendorong rudal.

Ballistic Trajectory.

Terdapat 2 propultion system, yaitu:
 

1.  Rocket, yang secara garis besar terdiri atas; roket berbahan bakar padat (praktis, mudah perawatannya dan cocok untuk serangan cepat ) dan roket berbahan bakar cair (umumnya digunakan pada rudal balistik berukuran besar, antar benua).
Note:
Rudal balistik adalah rudal yang gerakannya mengikuti lintasan / trajectory secara ballistic (seperti gerakan melempar, lihat ilustrasi di atas).
2.     Jet Engine, pada  umumnya digunakan jenis turbo jet. Jet engine biasa digunakan pada rudal penjelajah / cruise missiles.

Cruise Missile in Action!


Controle system rudal, terdiri atas 3 sistem, yaitu:


Guidance system / Sistem pelacak, merupakan alat yang akan menuntun roket ke sasaran yang diincar. Sistem ini memanfaatkan radiasi dari; gelombang radio / sinar infra merah / sinar laser, untuk mencapai sasarannya. Radiasi ini bisa muncul dari pihak musuh (misal: panas knalpot atau gelombang radio yang terpancar dari radar lawan), bisa juga dari rudal itu sendiri (misal, radar) atau radar / laser dari kendaraan / landasan luncur.

Targeting system, merupakan alat yang akan menuntun roket ke lokasi sasaran yang diincar. Salah satunya dengan memanfaatkan GPS / global Positioning System.

Flight system, berperan  mengendalikan gerakan rudal berdasarkan data dari Guidance dan Targeting system. Flight system untuk keperluan manuver di udara ini, umumnya berupa wings, fins, canards, dll. yang menempel pada bodi rudal.

Rudal Dalam Bentuk Kompleks.

Nuclear Weapon.
Payload system, merupakan tempat untuk membawa bahan peledak / bom, berupa: bom lontar /  submunitions, bom bakar / incendiaries, bom atom / nuclear weapons, senjata kimia / chemical weapons, senjata biologi / biological weapons, dll.



Sebagai senjata andalan, maka jenis rudal masih terbagi atas:


Rudal Balistik.
Rudal permukaan - ke permukaan / surface to surface. Misal: rudal balistik, rudal penjelajah, rudal anti kapal, rudal anti tank.









Rudal anti tank.
Rudal udara - ke permukaan / air to surface. Misal: rudal anti tank dari helikopter serbu.











Rudal anti pesawat.
Rudal permukaan - ke udara / surface to air. Misal: rudal anti balistik, rudal anti pesawat.











Rudal serang pesawat.
Rudal udara - ke udara / air to air.  Misal: rudal serang pesawat / helicopter.











Painkiller - Judas Priest